Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan

Fungsi Aluminium Foil pada makanan

Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan

Fungsi Aluminium Foil pada makanan sangat erat sekali hubungannya, saat ini Aluminium Foil semakin banyak diperlukan untuk kegiatan dapur rumah tangga, rumah makan, hingga usaha usaha yang berbasis makanan. Jadi tidak hanya ibu ibu saja melainkan koki koki profesional juga membutuhkan pembungkus dari logam Aluminium ini. Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan.

Fungsi Aluminium Foil pada makananDengan tingkat ketebalan yang bervariasi, lembaran logam Aluminium Foil sangat fleksibel untuk dibentuk apapun. Logam Aluminium tipis yang sebenarnya mudah sobek ini dilaminasi dengan kertas ataupun plastik untuk memperkuat strukturnya ketika dijadikan pembungkus agar dapat dilipat, digulung, ataupun dibentuk tanpa mengalami kerusakan. Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan.

Selain digunakan untuk pengemas makanan, Aluminium Foil juga banyak dimanfaatkan untuk Industri kosmetik, produk kimia seperti obat obatan dan pupuk, dan perlengkapan industri seperti pengemasan rokok. Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan.

Kemampuan kemasan logam Aluminium Foil sangat bagus aplikasinya untuk menghalangi oksigen, cahaya, bau, kuman, dan kelembapan (panas dan dingin). Dari keunggulan itu memungkinkan makanan yang dikemas menjadi lebih tahan lama. Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan.

Kemasan Aluminium Foil juga mampu berfungsi sebagai Insulator, baik untuk kondisi panas ataupun dingin. Dengan lapisan logam tersebut, suhu di dalam kemasan cenderung stabil tidak akan cepat berubah selama perubahannya temperaturnya tidak terlalu ekstrim.

Penggunaan dan Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan

Kemasan Aluminium Foil juga bisa digunakan untuk menyimpan makanan apabila tidak ada mesin pendingin, berikut tipsnya. Lapisi makanan dengan aluminium foil sebelum disimpan agar rasa serta aroma makanan tidak berubah, tempatkan makanan yang sudah dilapisi Aluminum Foil di tempat yang kering, dingin, dan tidak terpapar matahari, setidaknya sampai beberapa jam kedepan makanan tersebut akan awet. Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan.

Begitu pula dengan pemakaian Aluminium Foil dalam lemari pendingin/kulkas, kemasan ini akan membantu setiap makanan agar tidak terpapar oleh aroma dan rasa dari bahan makanan lain yang berada didalam lemari pendingin. Untuk itu maka ada baiknya setiap makanan dibungkus dahulu dengan Aluminium Foil sebelum masuk ke lemari pendingin. Khususnya daging atau ikan yang cenderung memiliki aroma tidak sedap perlu dibungkus Aluminium Foil dahulu sebelum masuk Frezer, jenis daun daunan atau sayuran juga lebih lama awet dan tidak mudah keriput apabila masuk ke dalam Aluminium Foil dahulu di dalam lemari pendingin. Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan.

Pemanggangan makanan dalam Oven, juru masak professional terlebih di Restaurant banyak yang memakai teknik pembungkusan dalam Aluminium Foil ketika sedang memanggang, tujuan dari pembungkusan tersebut agar hasil masakan makanan tidak menjadi kering pada permukaannya sehingga rasa tetap merasuk serta tampilan lebih menarik. Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan.

Lembaran Aluminium Foil yang dipakai pada Industri makanan ringan mampu berfungsi lebih efektif menjaga rasa dan kelembapan jika dibandingkan dengan lembaran plastik. Namun ketika Anda menggunakan Aluminium Foil berlapis plastik (untuk makanan ringan), pastikan Seal (pengelasannya) benar benar rapat agar udara tidak dapat masuk, sehingga makanan tetap awet. Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan.

Kemasan Aluminium Foil tidaklah transparan sehingga makanan yang dibungkusnya tidaklah tampak seperti apabila dibungkus dengan plastik atau sejenisnya. Saran terbaik selalu waspadalah ketika akan mengkonsumsi makanan dalam penyimpanan Aluminium Foil, perhatikan “ada perubahan atau tidak” pada struktur, tekstur, dan aromanya ketika dibuka agar bisa meyakinkan bahwa makanan tersebut benar benar aman dikonsumsi.

Tips Pengemasan Yang Aman | Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan

Untuk memaksimalkan fungsi Aluminium Foil pada makanan, Anda perlu mengetahui cara menggunakannya dengan tepat. Juru masak memakai teknik membumbui masakan dahulu kemudian membungkus bersama makanan tersebut ketika akan dimasukkan dalam pemanggangan dengan tujuan apabila matang maka bumbu bisa merasuk sampai kedalam makanan tersebut. Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan.

Pemanggangan jenis jenis bahan makanan daging sapi, daging ayam, ikan dan sejenisnya, ada baiknya dilakukan pembungkusan dalam Aluminium Foil yang tidak terlalu rapat agar memberi celah untuk penguapan airnya.

Yang benar benar harus diketahui dari penggunaan Aluminium Foil ketika memanggang adalah tidak menggunakan alat Microwave. Alasannya Gelombang Elektromagnetik dari Microwave tidak dapat menembus logam Aluminium Foil dengan baik, sehingga makanan susah untuk matang. Fungsi Aluminium Foil Pada Makanan.

Penggunaan Aluminium Foil dalam Microwave bisa diijinkan apabila posisi pembungkusan makanan tidak sepenuhnya tertutup, contoh separuh bagian makanan lepas dari bungkus Aluminium Foil, sehingga memberi ruang bagi Gelombang Elektromagnetik menyentuh langsung bahan makanan.

Fungsi Aluminium Foil pada makanan sangat komplek, penggunaannya pada masa sekarang sangat dibutuhkan oleh rumah tangga, industri kecil hingga perusahaan skala Nasional, bahkan bukan hanya berhenti pada produk makanan namun beberapa bidang seperti Farmasi dan Agricultural pun memakainya.