Kemasan Produk Makanan

kemasan produk makanan

Kemasan Produk Makanan

Kemasan produk makanan yang baik harus memiliki beberapa syarat dasar utama diantaranya adalah : mampu melindungi produk didalamnya terhadap pengaruh/kontaminasi dari luar; memiliki efisiensi dalam penyimpanan, perhitungan dan pendistribusian; memberi kenyamanan ketika digunakan konsumen; memberikan daya tarik terhadap produk didalamnya; dan terakhir sebagai sarana informasi penting mengenai produk didalam kemasan tersebut.

Kompetisi Kemasan Produk Makanan

kemasan produk makananSalah satu Faktor atau kendala yang dihadapi produk Dalam Negeri khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang bergerak di bidang Industri makanan adalah kemasan. Kemasan produk makanan yang benar benar mampu bersaing di pasar Modern masih belum dijadikan wacana utama untuk perkembangan bagi sebagian pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah hingga pengusaha besar memegang peranan yang begitu amat pentingnya bagi kelangsungan perputaran roda ekonomi Bangsa. Begitu pula produk makanan memiliki Sinergi yang kuat dengan kemasan produk makanan dalam usaha berkompetisi untuk menjadi yang terdepan.

Dewasa ini perkembangan bisnis Mikro Kecil dan Menengah Indonesia di bidang “Consumer Good” khususnya usaha produk makanan dan minuman tumbuh luar biasa, namun sangat sedikit yang bisa hebat menembus pasar karena salah satu Faktor pengganjalnya ada di sisi kemasan produk makanan yang kurang menarik. Walaupun sebetulnya dari sisi produknya sendiri, usaha Mikro Kecil dan Menengah tak kalah bagus daripada produk pabrikan, namun karena kemasan produk makanan yang jauh dari menarik membuat konsumen kurang tertarik untuk meliriknya.

Wawasan mengenai kemasan produk makanan yang baik berdasarkan fungsi kemasan harus benar benar dipahami lebih dari sekedar kompetisi harga produk saja.

Berikut Fungsi Dasar Kemasan Produk Makanan :

Mewadahi produk makanan mulai dari produksi akhir hingga ke tangan konsumen dan memberi kenyamanan bagi pemakai ketika membawa dan membuka produknya.

Melindungi produk makanan dari pengaruh lingkungan luar (Oksigen, panas, kelembapan, UltraViolet), Kontaminasi (Bakteri, Mikroba, Virus dan bahan bahan berbahaya lain) dan benturan benda benda luar yang bisa merusak produk didalamnya.

Memberi efisiensi ketika produk sudah jadi, mempermudah untuk perhitungan, misalnya satu kemasan berisi sepuluh biji, satu kotak berisi satu lusin, dan macam macam lain aplikasinya. Apabila efisiensi dalam pengemasan bisa tercapai maka hal ini berimbas pada kemudahan ketika pendistribusian juga perdagangan.

Memberi Informasi terhadap produk didalamnya atau sebagai identitas produk, dalam hal ini kemasan produk makanan dapat digunakan sebagai alat komunikasi informasi kepada konsumen melalui label mengenai jenis produk, komposisi, isi/berat, perijinan, cara penyajian, hingga masa kedaluarsa produk makanan.

Menambah daya tarik calon pembeli. Salesman dan Iklan merupakan ujung tombak utama di bidang Marketing untuk menjual produk, namun dua hal ini masih kurang untuk aplikasi Marketing saat ini, kemasan produk makanan yang menarik bisa menjadi alat Sales dan Iklan dalam waktu bersamaan ketika konsumen mulai meliriknya.

Fungsi kemasan produk makanan yang terakhir ini merupakan fungsi tambahan dari kemasan, akan tetapi dengan semakin meningkatnya persaingan dalam industri pangan, fungsi tambahan ini justru lebih ditonjolkan, sehingga penampilan kemasan harus betul-betul menarik bagi calon pembeli.

Bahan kemasan produk makanan ada beberapa macam tergantung dari jenis produk yang akan dikemasnya misalnya Plastik, Aluminium Foil, kertas, Tetrapack, dan kaleng. Bahkan saat ini banyak pula usaha yang menerapkan penggunaan dua jenis kemasan untuk satu produk dimana kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk adalah kemasan Primer dan kemasan Sekunder adalah kemasan yang paling luar.

Kami menyediakan kemasan produk makanan dari bahan Aluminium foil dengan harga murah untuk mengemas produk makanan ringan keripik, kopi, coklat dan lain lain, hubungi langsung Customer service.

One comment